logo mahkamah agung website ramah difable
Perayaan Hut IKAHI Ke 64 di Pengadilan Negeri Arga Makmur Pada hari ini Rabu tanggal 22 Maret 2017 bertempat di Pengadilan Negeri Arga Makmur dilaksanakan acara gabungan antara Pengadilan Negeri Arga Makmur dan Pengadilan Agama Arga Makmur dalam acara perayaan HUT IKAHI Ke 64 Tahun. Lebih lanjut
Penandatanganan Pakta Integritas Pada hari jum`at 17 Maret 2017 bertempat di ruang sidang Pengadilan Negeri Arga Makmur di pimpin langsng oleh Ketua Pengadilan Negeri Arga Makmur Bapak Alex Adam Faisal, SH dilaksanakan prosesi penandatanganan Pakta Integritas. Lebih lanjut
Simulasi Pelaksanaan Meja Pelayanan Pengadilan Negeri Arga Makmur Pada hari jumat tanggal 17 Maret 2017 bertempat di ruang pelayanan dan informasi Pengadilan Negeri Arga Makmur dilaksanakan Simulasi pelaksanaan meja informasi dan Pelayanan Pengadilan Negeri Arga Makmur. kegiatan yang di Pimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Arga Makmur Bapak Alex Adam Faisal , SH. Lebih lanjut
Direktori Putusan Mahkamah Agung RI Informasi Putusan Pengadilan Negeri Arga Makmur Pada Aplikasi Direktori Putusan Mahkamah Agung RI Lebih lanjut
Kami Siap Memberikan Pelayanan Prima Tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. At vero eos et accusam et justo duo dolores et ea rebum. Stet clita kasd gubergren, no sea takimata sanctus est At vero eos et accusam et justo duo dolores et ea rebum. Stet clita kasd gubergren, no sea takimata sanctus est. Stet clita kasd gubergren Lebih lanjut
Bebas Biaya Perkara Bagi Masyarakat Tidak Mampu Tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. At vero eos et accusam et justo duo dolores et ea rebum. Stet clita kasd gubergren, no sea takimata sanctus est At vero eos et accusam et justo duo dolores et ea rebum. Stet clita kasd gubergren, no sea takimata sanctus est. Stet clita kasd gubergren Lebih lanjut

PELAYANAN PERKARA PIDANA

Meja Pertama
  1. Menerima perkara pidana, lengkap dengan surat dakwaannya dan surat-surat yang berhubungan dengan perkara tersebut.
  2. Pendaftaran perkara pidana biasa dalam buku register induk, dilaksanakan dengan mencatat nomor perkara sesuai dengan urutan dalam buku register tersebut.
  3. Pendaftaran perkara pidana singkat, dilaksanakan setelah Hakim menetapkan dalam persidangan, bahwa perkara tersebut akan diperiksa menurut acara pemeriksaan singkat.
  4.  Pendaftaran perkara tindak pidana ringan dan lalu lintas dilaksanakan setelah perkara itu diputus oleh Pengadilan.
  5.  Pengisian kolom-kolom buku register, harus dilaksanakan dengan tertib dan cermat, berdasarkan jalannya penyelesaian perkara.
  6.  Berkas perkara yang diterima, harus dilengkapi dengan formulir Penetapan Majelis Hakim disampaikan kepada Wakil Panitera, selanjutnya segera diserahkan kepada Ketua Pengadilan Negeri melalui Panitera.
  7.  Perkara yang sudah ditetapkan Majelis Hakimnya, segera diserahkan kepada Majelis Hakim yang ditunjuk setelah dilengkapi dengan formulir Penetapan Hari Sidang, dan pembagian perkara dicatat dengan tertib.
  8.  Penetapan hari sidang pertama dan penundaan sidang beserta alasan penundaannya yang dilaporkan oleh Panitera Pengganti setelah persidangan, harus dicatat didalam buku register dengan tertib.
  9. Pemegang buku register, harus mencatat dengan cermat dalam register yang terkait, semua kegiatan perkara yang berkenaan dengan perkara banding, kasasi, peninjauan kembali, grasi dan pelaksanaan putusan ke dalam buku register induk yang bersangkutan.
Meja Kedua

1. Menerima pernyataan banding, kasasi, peninjauan kembali, dan grasi/remisi.
2. Menerima/memberikan tanda terima atas:
     (a)   Memori banding.
     (b)   Kontra memori banding.
     (c)   Memori kasasi.
     (d)   Kontra memori kasasi.
     (e)   Alasan peninjauan kembali.
     (f)     Jawaban/tanggapan peninjauan kembali.
     (g)   Permohonan grasi/remisi.
     (h)   Penangguhan pelaksanaan putusan.
3. Membuat akta permohonan berpikir bagi terdakwa.
4. Membuat akta tidak mengajukan permohonan banding.
5. Menyiapkan dan menyerahkan salinan-salinan putusan Pengadilan, apabila ada     permintaan dari pihak yang bersangkutan.
6. Pelaksanaan tugas-tugas pada Meja Pertama dan Meja Kedua, dilakukan oleh Panitera     Muda Pidana dan berada langsung dibawah pengamatan Wakil Panitera.

Administrasi Perkara Pidana Banding
1. Permohonan banding diajukan dalam waktu 7 (tujuh) hari sesudah putusan    dijatuhkan, atau setelah putusan diberi­tahukan kepada terdakwa yang tidak hadir    dalam pengucapan putusan.
2.Permohonan banding yang diajukan melampaui tenggang waktu tersebut harus    ditolak dengan. membuat surat keterangan.
3.Permohonan banding yang telah memenuhi prosedur dan waktu yang ditetapkan,    harus dibuatkan akta pemyataan banding yang ditandatangani oleh Panitera dan    pemohon banding, serta tembusannya diberikan kepada pemohon banding.
4.Dalam hal pemohon tidak dapat menghadap, hal ini harus dicatat oleh Panitera    dengan disertai alasannya dan catatan tersebut harus dilampirkan dalam berkas    perkara serta juga ditulis dalam daftar perkara pidana.
5.Permohonan banding yang diajukan harus dicatat dalam buku register induk perkara    pidana dan register banding.
6.Panitera wajib memberitahukan permohonan banding dari pihak yang satu kepada    pihak yang lain.
7.Tanggal penerimaan memori dankontra memori banding, harus dicatat dan salinannya    disampaikan kepada pihak yang lain, dengan membuat relas    pemberitahuan/penyerahannya.
8.Sebelum berkas perkara dikirim ke Pengadilan Tinggi, selama 7 hari pemohon banding